Dual boot Windows 10 – OpenSUSE 13.2

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

 

# SEGALA KERUSAKAN YANG TERJADI DITANGGUNG SENDIRI #

Kemarin saya mencoba menginstall windows 10 (resmi dari kampus lho bukan bajakan) setelah sekian lama tidak memakai windows 10. pelajaran yang  bisa saya ambil kemarin adalah :

 

1. jika kita memiliki tabel partisi GPT, sebaiknya buat semua partisi yang diperlukan Linux di Windows 10. partisi /, /boot, /home, swap saya buat terpisah.

2. windows yang saya gunakan sepertinya tidak mendukung EFI (tidak ada partisi windows EFI) sehingga fitur CSM di BIOS sebaiknya tetap digunakan

3. karena tidak mendukung EFI maka, bootloader yang kita gunakan adalah  GRUB2. GRUB2 ini saya install di MBR, bisa dicek menggunakan perintah

dd if=/dev/sda bs=512 count=1 2> /dev/null | grep -q GRUB && echo "GRUB found"

dan partisi /boot yang tadi dibuat terpisah dengan / flag boot diaktifkan

Leave a Reply

