fitting kurva xmgrace

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

dalam kesempatan ini kita akan mencoba membuat fitting kurva menggunakan xmgrace. hal ini berguna mana kala kita ingin menghasilkan parameter yang sebelumnya belum diketahui dari sebuah fungsi.

misalnya : dalam persamaan Lennard-Jones kita mengenal ada dua parameter, epsilon dan sigma. pada kasus tersebut kita ingin mengetahui fungsi kurva kedua tetapi data yang kita miliki hanya fungsi kurva yang pertama saja. nilai epsilon pada Lennard-Jones dapat diketahui dengan melihat titik paling minimum pada kurva pertama. sementara nilai sigma dapat kita peroleh dengan cara fitting kurva kedua terhadap kurva pertama.

kurva potensial non coulombik merupakan kurva non linear sehingga kita harus memilih non linear curve fitting untuk melakukan fitting, kita harus mendefinisikan dulu daerah kurva yang akan dijadikan acuan, misalnya daerah minimum kurva pertama. setelah melakukan pendefinisian, maka kita tinggal memasukkan fungsi kurva kedua. parameter yang akan dicari disimbolkan dengan a0. pada tab advanced, kita pilih region 0. kira-kira contohnya seperti gambar di bawah ini :

untuk lebih spesifik kita perlu menyempitkan lagi daerah yang akan difitting.

oke, cukup sekian dan semoga bermanfa’at!

snapshot8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s