evaluate expression dan membuat kurva dengan cepat dalam xmgrace

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

kali ini kita akan membahas salah satu fitur xmgrace yaitu evaluate expression dan membuat kurva dengan cepat di xmgrace. evaluate expression merupakan fitur di mana kita bisa membuat kurva baru secara cepat tanpa harus memasukkan data baru. misalnya dari kurva 1 datanya akan diubah menjadi kurva 2.

untuk membuat kurva di xmgrace, kalian harus tahu dulu fungsi kurva.

pertama-tama buka xmgrace, pilih plot – set appearance. lalu klik kanan, create new by formula. misalnya kita ingin membuat kurva interaksi coulombik dan kemudian di kurva kedua, fungsi tersebut dikalikan dengan error function dari kurva tersebut.

snapshot5

untuk evaluate expression, pertama-tama masukkan data kalian ke dalam xmgrace. kemudian pilih menu data -> transformation -> evaluate expression.  di sana teman-teman bisa menuliskan rumus untuk kurva yang baru misalnya  y = y + 1500. artinya kurva y yang baru akan dibuat dari data di kurva y yang lama + 1500. jika kalian melakukan blok pada gambar di bawah ini maka artinya kurva lama akan dibuat ulang menggunakan data yang baru.

jika kalian memasukkan data baru dan melakukan evaluate expression untuk data yang kedua, maka rumus yang pertama harus dihapus agar tidak dihitung ulang oleh xmgrace.

oke, cukup sekian dan semoga bermanfa’at!

snapshot2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s