antara aku kau dan dia part 46 robohnya gedung B1.02

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Sejak beberapa minggu yang lalu pembangunan gedung S2/S3 MIPA yang baru sudah dimulai. pembangunan ini merupakan bagian dari proyek pembangunan yang sudah dirancang sejak 3 tahun yang lalu. satu gedung S2/S3 sudah berdiri sejak tahun 2012, tepat beberapa hari setelah saya selesai ujian skripsi. nah, setelah 3 tahun, akhirnya gedung baru siap dibangun. salah satu bangunan lama yang dirobohkan sekarang adalah gedung B1.02 dan juga beberapa bangunan milik prodi ELINS.

gedung B1.02 bagi saya pribadi menyimpan beberapa kenangan buruk karena beberapa kali kuliah dan ujian di sana mendapatkan nilai jelek. namun demikian, ada juga kenangan indah yang terekam di sana. nilai jelek pertama kali yang saya peroleh adalah di mata kuliah kimia analitik dasar 1, ujian mid cuma mendapatkan nilai 30, benar-benar memalukan. waktu itu soal dalam bahasa inggris, nah saya kesulitan menerjemahkannya ke bahasa indonesia dan masih ga paham apa itu angka penting! singkatnya kuliah tersebut dapat nilai C!

nilai jelek kedua yang ada di sana adalah pas kuliah kalkulus 2. padahal nilai mid sudah lumayan lho, sekitar 65-an gitu. tetapi malapetaka dimulai setelah mid, integral yang makin njlimet, sering kepikiran sun, hingga akhirnya uas pun datang. soal uas waktu itu ada 8 dan disuruh memilih 5 nomor saja untuk dikerjakan. sialnya nomor 6-8 tidak dapat dipilih karena memang kelas kami tidak diajari soal tersebut dan 5 nomor yang wajib dikerjakan ternyata satu pun tidak ada yang saya bisa. benar-benar sial waktu itu! saya tau nilai kalkulus itu dari teman, waktu itu dia bilang ke saya “neax, kalkulusmu dapat D”. “terus kamu cy?” “aku dapat E neax”. mengerikan, hanya 1 yang mendapat nilai A, entah berapa orang yang mendapatkan rejeki nilai B dan C, sisanya adalah D dan E!

yang paling ekstrim dan paling memalukan adalah kuliah eldas, elusidasi struktur. bagaimana tidak memalukan, lah nilai mid saya cuma dapat 10, lebih rendah daripada seorang teman yang tidak pernah masuk kelas dan cuma belajar 5 menit menjelang ujian. waktu itu dia mendapatkan nilai 15. menyakitkan sekali mendapatkan nilai paling jelek se-angkatan hahaha. akhirya eldas mendapatkan nilai D, padahal waktu itu sksnya masih 3! bisa dibayangkan IP saya jatuh, mak blug.

begitulah, akhirnya saksi bisu nilai jelek itu roboh. oh ya, selain itu di ruang tersebut saya pernah juga dimarahi dosen, benar-benar memalukan hanya karena hal sepele, terlalu sepele malah. sudahlah, anggap saja itu kenangan pahit. sebenarnya selain gedung B1.02 ada beberapa ruang kuliah yang masih menyimpan kenangan buruk yang sama, dapat nilai jelek dan sesekali dimarahi dosen antara lain : S2.01, S2.02, S2.03 dan U2.03 tetapi ruang kuliah yang terletak di Milan (Mipa Selatan) itu tidak dapat dirobohkan karena merupakan salah satu dari 5 bangunan yang tidak dapat tergantikan.

ternyata sudah lama sekali ya, sekitar 8 hingga 4 tahun yang lalu, teman-teman yang waktu itu mengalami nasib serupa sekarang sudah ada yang bekerja di jamsostek, nestle dll. cuma saya tok yang masih berkutat di sini. biarlah semua kenangan buruk di B1.02 itu juga ikut roboh dan tergantikan oleh kenangan indah yang akan dibangun🙂.

#

Leave a Reply

