antara aku, kau dan dia part 47 membuat paspor yogyakarta

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

kali ini saya pertama kali pergi membuat paspor untuk keperluan syarat administrasi beasiswa ke luar negeri. setelah tanya-tanya ke teman disarankan membuat via online saja. oke, pertama kali mencoba membuat online adalah hari minggu1 februari, sial ternyata error disebabkan tidak dapat memilih tanggal ke KANIM.

coba lagi membuat hari Senin, 2 februari, kali ini yang suruh tak buat adalah adikku *PEMBUATAN PASPOR ONLINE BISA DIWAKILKAN*. ternyata sistemnya beda dengan tutorial yang tak temukan di internet, tidak perlu upload fotokopi KTP dll, cukup isi saja. tanggal ke KANIM paling cepat adalah 2 hari setelah isi online……

setelah isi formulir, bayar ke bank ( Rp 360.000 bukan Rp 355.000, yang Rp 5.000 adalah biaya administrasi *tidak termasuk ongkos parkir*) dan kita akan mendapatkan tanda pra permohonan. singkatnya, ini diisi terus pas ke KANIM jangan lupa bawa dokumen yang asli antara lain ktp, kk, akte kelahiran + datanglah pagi-pagi sekali karena antrian terbatas.. Oia, jangan lupa bawa KTM kalau masih jadi mahasiswa. KTM ini difotokopi kemudian pas pengambilan paspor diserahkan ke petugasnya. nanti kita juga akan diminta fotokopi paspor juga, ada di bawah dekat parkiran.

oke, cukup sekian dan semoga bermanfa’at!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s