metodologi penelitian dan penulisan ilmiah : metode

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh………

Oke, masuk ke bagian yang agak sulit dari sebuah publikasi yaitu menulis metode penelitian yang kita lakukan. pada dasarnya di setiap publikasi, letak “resep rahasia” ada berada di sini, jadi jangan terlalu kaget kalau kadang ada hal yang tidak kita pahami dari metode yang ada di jurnal, itu wajar karena masing-masing peneliti akan merahasiakan “resep”. kata teman sih, koki yang baik tidak akan membiarkan para pelanggan tau semua bahan dan cara memasak yang mereka gunakan.

menulis metode penelitian kimia komputasi menurutku lebih mudah daripada eksperimenšŸ˜€ . dalam penelitian kimia komputasi beberapa hal yang wajib kita cantumkan antara lain :

PAKET PROGRAM KOMPUTASI YANG KITA GUNAKAN!!!!!!! WAJIB DICANTUMKAN !!!!!!!!!

  1. metode kimia komputasi yang digunakan
  2. basis set yang dipakai, termasuk bila kita memodifikasi basis set
  3. pendekatan yang kita gunakan, misalnya frekuensi harmonik atau anharmonik
  4. metode-metode analisis yang digunakan, misalnya analisis populasi muatan atom menggunakan Mulliken atau NBO dst., BSSE menggunakan Counterpoise dst. analisis regresi yang digunakan untuk QSAR.
  5. dalam kasus komputasi zat padat beberapa hal yang wajib ada antara lain plane wave dan jenis pseudopotensial yang digunakan, cut-off energi, cut-off radius, k-sampling, apabila membuat plane wave sendiri wajib dicantumkan orbital atom yang digunakan, kondisi supercell yang digunakan..
  6. dalam simulasi dinamika molekular beberapa hal yang wajib ada antara lain ensemble yang digunakan, algoritma integrasi, algoritma termostat, parameter yang digunakan untuk menghitung besaran termodinamik, seperti lambda, time step, waktu simulasi, fungsi potensial pasangan yang digunakan, model senyawa yang digunakan (misalnya untuk air, apakah menggunakan SPC/E, BJH dll.)
  7. opsional => PERANGKAT KOMPUTASI YANG DIGUNAKAN. saya jarang menemukan publikasi yang mencantumkan perangkat komputasi mereka, tapi yang jelas penelitian di luar negeri tidak akan menggunakan desktop komputer

sepertinya poin-poin di atas sudah cukup mewakili, intinya sih adalah bagaimana penelitian yang kita lakukan dapat diulangi lagi oleh orang lain dengan hasil yang sama. oh ya, jangan lupa metode ditulis dalam kalimat pasif dalam bentuk past tense ya..karena kita melaporkan apa yang telah kita kerjakan.

 

Berikut adalah contoh metode penelitian yang ada di beberapa publikasi

1. untuk solid state, saya ambil dari http://pubs.acs.org/doi/abs/10.1021/la802295x

solid state

2. untuk pemodelan molekular, saya ambil dari http://pubs.acs.org/doi/abs/10.1021/ic0619198

pemodelan molekul3. untuk simulasi dinamika molekular, saya ambil dari http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0009261414010203

dmoke, cukup sekian dulu dan saya yakin tulisan ini belum mampu menampung semua riset kimia komputasi yang ada di dunia ini, semoga bermanfa’at!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s