metodologi penelitian dan penulisan ilmiah : bagaimana membaca dan membuat introduction

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh……….

kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai metodologi penelitian dan penulisan ilmiah lagi. sekarang kita akan mencoba membaca dan membuat introduction atau pendahuluan dari sebuah paper. pada dasarnya pendahuluan sebuah paper nantinya akan tersebar di bagian pendahuluan, tinjauan pustaka dan landasan teori dalam sebuah karya ilmiah, tapi tak apa lah, kita bahas yang paper saja.

Introduction merupakan bagian penting dari paper karena inilah yang akan menuntun pada pembaca apa yang sebenarnya kita akan kerjakan. secara umum, introduction akan terdiri dari beberapa bagian seperti general background, scientific background, state of the art (hasil penting dari penelitian terdahulu yang dapat dijadikan landasan untuk penelitian kita), front line (ide apa yang ingin kita kerjakan) dan bisa juga ditambahkan hasil yang kita inginkan nantinya. jadi cara termudah dalam membaca introduction adalah dengan mengenali masing-masing bagian tersebut.

Dalam menulis introduction, alur yang bagus adalah dengan membuat sepatah dua patah kalimat mengenai sesuatu yang bersifat umum kemudian mulai masuk ke dalam inti apa yang akan kita lakukan, dimulai dari general background -> scientific background ( disini dijelaskan state of the art dari penelitian terdahulu apa saja, tampilkan yang relevan dengan penelitian kita). setelah itu maka, introduction dapat kita tutup dengan sepatah dua patah kalimat tentang apa yang ingin kita capai dan boleh ditambahkan hasil yang kita inginkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s