Step by step publikasi di Chemical Physics Letter

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

akhirnya saya bisa menuntaskan kewajiban sebagai mahasiswa yaitu membuat publikasi ilmiah. mengapa harus membuat publikasi ilmiah ? yah, biar terlihat keren saja gitu, alasan keduanya adalah untuk memperkenalkan posisi kita di mata orang lain terutama di mata para peneliti-peneliti yang lain. alasan formalitas yang lain agar mudah mendapatkan surat rekomendasi dan kampus untuk kuliah doktoral.

di dunia ini ada banyak sekali jurnal ilmiah, mulai dari yang abal-abal hingga yang berkelas. serius, jurnal abal-abal itu pernah kami temukan. setiap jurnal ilmiah diukur dengan impact factor, citation impact, H-index dll. sederhananya, semakin tinggi nilai impact factor, citation impact dll jurnal tersebut makin berkualitas = makin sulit untuk publikasi di sana. oh ya, sebuah jurnal yang bagus harus bisa juga di-index oleh scopus

apa itu scopus ? scopus semacam mesin pencari jurnal, mirip-mirip google scholar lah, tapi ini lebih powerful karena semua jurnal yang berkaitan dengan kata kunci yang kita masukkan. berapa harga langganan scopus selama setahun ? kira-kira hampir 200an-juta, kata salah seorang dosen. oh ya, setiap provider jurnal kadang tidak mau memberikan jurnal tersebut secara gratis, maklum di dunia ini ga ada yang gratis sehingga kampus harus berlangganan jurnal tersebut dengan beberapa aturan dan ketentuan yang berlaku, misalnya tidak boleh download menggunakan robot. biaya untuk langganan jurnal tidak murah, bisa dibilang mahal.

oke kembali ke judul tulisan. untuk dapat publikasi di jurnal internasional secara umum apa sih yang perlu disiapkan ? yang jelas adalah riset yang bagus, orisinal dan bisa memberikan dampak yang signifikan. huff, yang harus diingat adalah bahwa janganlah terlalu memuja-muja kampus di luar negeri. fakta memang bahwa mereka memiliki segala yang kita perlukan, fasilitas, chemical, sistem yang mendukung dll. namun semua itu hanyalah faktor “benda mati”, semua tergantung pada tangan kita sehingga yakinlah bahwa kita yang kuliah di Indonesia pasti bisa menghasilkan riset yang berkualitas.

nah, jika kalian telah mendapatkan riset yang berkualitas, kesulitan lain yang sering dihadapi adalah pada saat penyusunan manuskrrip/draft publikasi yang mana kita dituntut untuk menulis dalam bahasa inggris dengan tata bahasa yang baik dan tanpa typo. belum lagi mengenai masalah isi, intinya publikasi internasional itu butuh perjuangan.

Chemical Physics Letter (Chem.Phys.Lett) atau yang dalam tulisan ini disingkat CPL merupakan salah satu jurnal internasional di bawah Elsevier. Fokus jurnal ini adalah komunikasi singkat di bidang kimia fisika, komputasi, fasa terkondensasi dan material (deskripsi lengkapnya bisa dilihat di internet). Impact Factor CPL tahun 2013 adalah 1,991. Editor CPL saat ini dipegang oleh Prof. David Clary dari University of Manchester UK. Info lengkap di CPL bisa dilihat di web CPL. Proses publikasi di CPL sangat cepat biasanya 30 hari sudah dapat diketahui hasilnya, bisa dibandingkan dengan proses di jurnal-jurnal yang berada di bawah ACS yang memakan waktu 3-6 bulan. Mengapa kemarin publikasi di CPL ? Sebenarnya waktu itu aku juga kurang tahu hendak publikasi ke mana tetapi Lorenz menyarankan untuk publikasi ke CPL karena kesesuaian dengan fokus CPL dan jumlah total words di draft paper yang sekitar 3000 kata, cukup untuk publikasi ke CPL.

Dalam tulisan ini akan dibagi menjadi beberapa bagian antara lain persiapan, proses publikasi
dan terakhir proses review. Bagian pertama adalah persiapan. Apa yang diperlukan untuk publikasi di
CPL ?
1. Draft paper yang ditulis dengan bahasa inggris yang baik, tidak ada typo (baik berupa salah
ketik, tidak sesuai grammar yang baku).
2. Abstrak yang tidak boleh lebih dari 100 kata.
3. Surat ke editor (ditujukan ke Prof Clary)
4. highlight (bukan ringkasan abstrak ya) adalah 5 point penting dari paper kita misalnya
kebaruan, hasil yang diperoleh, latar belakang. Intinya highlight harus singkat, padat dan jelas.
5. item count adalah file terpisah yang isinya adalah berapa jumlah kata, jumlah tabel dan
gambar.
6. Gambar berkualitas tinggi (berekstensi .ps biasanya) adalah gambar-gambar penting hasil
penelitian. Jumlah gambar tidak boleh dari 7 buah dan untuk jumlah tabel tidak boleh lebih dari
3 buah (CMIIW).
7. Graphical abstract adalah abstrak gambar. Diletakkan di file terpisah dan JANGAN JADI SATU
DENGAN DRAFT MANUSKRIP.

step by step langkah publikasi (upload file dll) bisa teman-teman download di sini – > fix

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s