software free kimia komputasi Linux 5

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Lama gak ketemu teman-teman.. Kali ini kita akan membahas beberapa software free lagi di kimia komputasi. Sangat disayangkan teman-teman saya di lab masih juga suka membajak program kimiašŸ˜¦. Memang sih, program berbayar itu lebih powerfull (beberapa) dan memiliki fitur yang tidak dimiliki program yang bersifat free.

1. ORCA

Orca merupakan program kimia komputasi yang cukup powerfull dan unik. Unik karena orca memasukkan beberapa metode kimia komputasi yang tidak biasa seperti DFT dispersion, HF dispersion (CMIIW). Orca datang dengan versi executable untuk beberapa platform OS seperti Windows, Linux 32 dan 64 bit serta Mac OS. Kelebihan dari orca salah satunya adalah bisa digabung dengan gromacs tanpa kompilasi ulang orca, forum user orca juga sangat aktif. Untuk mendownload orca, kita harus membuat akun terlebih dahulu dan siapkan kuota internet yang besar karena ukuran orca mencapai 1.6 GB.

2. gmx 3.3

gmx merupakan salah satu ‘varian’ dari gromacs versi 3. Versi ini dikembangkan oleh pihak ketiga agar bisa digabung dengan CPMD karena gromacs yang sekarang tidak lagi mendukung untuk CPMD. Instalasinya sangat mudah tapi sayangnya saya tidak bisa mencobanya karena selalu berakhir dengan ‘segmentation fault’.

3. CPMD

mungkin agak telat juga membahas CPMD di tulisan ini.. CPMD merupakan program standar untuk melakukan simulasi dinamika molekular Carr-Parrinello meski program-program lain juga memiliki modul untuk melakukan simulasi tersebut. CPMD memiliki banyak sekali template konfigurasi untuk berbagai macam platform komputer mulai dari PC hingga kluster Cray dan mendukung berbagai jenis kompiler fortran.

4. abinit

abinit merupakan salah satu program untuk pemodelan padatan menggunakan plane wave. Harus dikatakan instalasinya agak memusingkan (aku sering gagal menginstall abinit). Abinit memiliki beberapa plug-in yang akan didownload selama proses instalasi dan sebaiknya kita membiarkan abinit mendownload plug-in ini karena setiap versi abinit memiliki plug-in yang spesifik. Oia, forum abinit juga cukup aktif sehingga kita bisa mencari troubleshooting di sana (meski ada juga yang tidak dijawab).

Oke, aku kira cukup di sini dulu pembahasan tentang software free, masih banyak software yang belum dibahas dan semoga di kesempatan lain bisa kita lanjutkan pembahasan tentang software free ini. Oke, cukup sekian dan semoga bermanfa’at!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s