download jurnal gratis khusus UGM

asslamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salah satu manfaat dengan adanya kemoinformatika adalah dapat mengurangi duplikasi penelitian dan justru akan mengembangkan ranah riset yang belum banyak dikaji peneliti lain. Hal ini bisa terjadi dengan semakin mudahnya kita mengakses jurnal-jurnal baik nasional dan internasional.

Sebagai mahasiswa kimia kita tentu pernah mendengar dengan web penyedia jurnal seperti sciencedirect, spingerlink, dan acs. Semua ini dapat diakses secara on line via internet. Bisa dibayangkan bagaimana susahnya mencari informasi ketika internet masih belum ada di Indonesia. Pertanyaannya apakah web penyedia jurnal termasuk dalam kemoinformatika? Ya, jika jurnal tersebut berkaitan dengan kimia maka bisa dikatakan masuk ke dalam kemoinformatika karena di dalamnya data-data tentang penelitian diatur sedemikian rupa sehingga kita dapat menemukan informasi tentang sistem kimia yang banyak diteliti.

Kampus menganggarkan dana milyaran rupiah setiap tahun untuk berlangganan jurnal-jurnal sehingga sayang jika kita selama ini tidak pernah mengakses jurnal tersebut. Perlu diingat bahwa tidak semua jurnal yang berada di bawah penyedia jurnal dilanggan dapat didownload, terkadang hanya beberapa jurnal tertentu saja yang bisa didownload. Nah, salah satu penyedia jurnal yang dapat didownload secara bebas adalah science direct. Beberapa tahun lalu kita harus menggunakan jaringan proxy kampus agar bisa mengakses jurnal tersebut tetapi ternyata sekarang sudah berbeda, hanya perlu login menggunakan akun kampus.
login3

login1

login2
Beberapa jurnal seperti sciencedirect, ACS juga menyediakan supporting information atau semacam dengan lampiran. Caranya mudah sekali untuk mendapatkan supporting information ini. Kita tinggal meng-klik supporting information kemudian mendownloadnya. Bentuk dari supporting information ini bisa berupa gambar, data-data yang tidak dimasukkan ke dalam jurnal aslinya, koordinat atom dll.
Tips untuk mencari jurnal yang cepat dan tepat (setidaknya menurut saya)
1. usahakan untuk tidak menggunakan opsi di “anywhere”, tapi minimal abstractnya saja. Mencari di “anywhere” akan membuat pencarian tidak fokus. Jika di bagian abstract tidak ada coba ganti keyword, btw keywordnya tidak harus berupa kalimat.
2. Gunakan keyword yang spesifik.
3. Akan lebih baik lagi jika kita tahu DOI, nama jurnal, halaman, volume, tahun terbit. Minimal ini karena ACS menyediakan kolom untuk mencari jurnal berdasarkan nama jurnal dan halaman.
4. Jika jurnal yang diinginkan tidak dapat didownload kita bisa mengkontak langsung penelitinya atau meminta teman yang berada di luar negeri untuk mendownloadkannya.

Mungkin itu dulu yang bisa saya tulis saat ini, jika ada waktu kita sambung lagi😀, sekali lagi sayang sekali jika kampus sudah mengeluarkan dana yang sedemikian banyak tetapi tidak dimanfa’atkan dengan benar dan pas download jurnal sebaiknya perhatikan juga etika yang dikeluarkan  oleh kampus, karena hal ini penting agar si penyedia jurnal tetap mau bekerja sama dengan kampus.

One thought on “download jurnal gratis khusus UGM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s