oxygen balance

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Kembali lagi ke dalam bahasan high energetic material hehe. Setelah di beberapa tulisan yang lalu kita membahas parameter apa saja yang diperlukan untuk mendesain sebuah high energetic material kali ini kita akan membahas satu lagi parameter yang penting yaitu, oxygen balance (OB).

Oxygen balance adalah indeks defisiensi atau kelebihan oksigen dalam senyawa untuk mengubah semua atom karbon menjadi karbon dioksida dan semua hidrogen menjadi air. Untuk senyawa dengan rumus molekul CaHbOcNd, oxygen balance bisa dihitung dengan rumus OB(%) =1600x(c-2a-b/2)/Mw, di mana Mw adalah berat molekul.

Pendekatan lain untuk menghitung oxygen balance untuk senyawa yang mengandung Alal, Bb, Cc, Caca, Clcl, Ff, Hh, Kk, Nana, Oo, maka oxygen balance bisa dihitung dengan rumus

ob

di mana al, b, c, ca, cl, f, k, h, na, o menunjukkan jumlah masing-masing atom dalam senyawa. Oia, kontribusi atom N dalam oxygen balance adalah 0 karena tidak berikatan dengan unsur lain.

Arti penting dari oxygen balance akan terlihat ketika kita mendesain reaksi menggunakan most exothermic principle di mana, atom N akan diubah menjadi N2, kemudian diikuti pembentukan H2O dan CO2. Jika masih ada atom O yang berlebih maka atom O sisa akan diubah menjadi O2 dan jika atom O yang ada tidak cukup untuk mengoksidasi H dan C secara penuh maka atom H yang tersisa akan diubah menjadi H2 dan atom C akan menjadi bentuk padatan. Hal ini berlaku jika material hanya terdiri atom C, H, N dan O, untuk atom halida akan membentuk hidrogen halida dengan atom hidrogen. Terlalu sedikit atom O akan tidak akan mengoksidasi secara penuh atom C dan H sementara terlalu banyak atom O justru malah akan menghasilkan O2 yang menghilangkan banyak energi. Oleh karena itu, langkah terbaik adalah menjaga oxygen balance di sekitar 0 ketika mendesain high energetic material. Jika sebuah senyawa memiliki oxygen balance yang bernilai positif maka senyawa tersebut bisa menjadi oksidator.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s