antara aku, kau dan dia part 39 perpanjangan SIM di Sleman 2013

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Hari ini aku disuruh perpanjangan SIM mengingat SIM ku sudah mati beberapa bulan. Sebenarnya agak malas juga sih perpanjangan karena sampai sekarang masih belum dibuat peraturan denda bagi SIM yang mati tapi tidak diperpanjang. Namun, tidak ada salahnya juga kita perpanjangan SIM agar jika sewaktu-waktu terjadi razia kita tidak khawatir.

Syarat-syarat untuk perpanjangan SIM sama seperti yang lainnya cukup fotokopi KTP dan SIM lama serta surat keterangan sehat dari dokter. Jika dulu surat keterangan dokter harus di dokter depan Polres Sleman, sekarang surat keterangan sehat dari semua dokter dapat digunakan. Setelah fotokopi dan mendapatkan surat keterangan sehat, kita harus membayar di bank BRI yang letaknya di sebelah timur gedung pengurusan SIM, di dekat lapangan yang digunakan untuk ujian praktek SIM. Untuk perpanjangan dikenanakan biaya Rp 75.000,00 dan untuk membuat SIM baru Rp 100.000,00. Jangan lupa bawa fotokopi dan surat keterangan sehat pas membayar.

Setelah membayar di bank, masuk lagi ke gedung pengurusan SIM, masukkan kuitansi, fotokopi KTP dan SIM serta surat keterangan sehat ke LOKET I dan tunggu sejenak. Kita akan dipanggil untuk memperoleh berkas yang harus diisi di LOKET IIA. Isi semua berkas termasuk nomor kode bank dan resi (nomor resi adalah nomor yang dicetak di tanda pembayaran administrasi), isi dengan lengkap. Setelah lengkap masukkan berkas ke LOKET IIB, di sini kita diberi nomor antrian untuk produksi SIM  dan tunggu panggilan untuk foto di LOKET III. di LOKET III, kita akan dipanggil untuk produksi SIM. Sekarang sudah ada dua tempat untuk foto. Background yang digunakan adalah biru tua, jadi jika ingin terlihat bagus gunakan saja pakaian yang kontras dengan warna biru tua seperti putih, kuning, merah dll. Selesai di LOKET III, kita akan dipanggil untuk menerima SIM baru di LOKET IV dan SIM lama kita akan diminta kembali. Di sini kita tidak perlu membayar lagi. Selesai.

Biaya yang dikeluarkan untuk pengurusan SIM di Polres Sleman adalah sebagai berikut :

1. Administrasi perpanjangan SIM = Rp 75.000
2. Surat keterangan sehat dokter = Rp 20.000 (ini untuk dokter di depan Polres)
3. Fotokopi             = Rp 1.000
4. Parkir                  = Rp 1.000

Yang harus diingat juga waktu pendaftaran SIM baru, atau perpanjangan

Senin-Kamis = 8.00-12.00
Jumat        = 8.00-10.30/11.00 (aku agak lupa)
Sabtu        = 8.00-10.00/10.30 untuk perpanjangan

Waktu pengurusan perpanjangan SIM relatif cepat tidak sampai dua jam sudah selesai. Jika kalian tidak sempat datang ke Polres bisa juga perpanjangan melalui mobil SIM keliling, biasanya di mall-mall seperti Amplaz atau kalian bisa mengecek jadwal mobil SIM keliling di media cetak. Oke, cukup sekian dan semoga bermanfa’at!

4 thoughts on “antara aku, kau dan dia part 39 perpanjangan SIM di Sleman 2013

  1. Maaf Boss, mau nanya ini, benarkah untuk SIM yg sudah habis masa berlakunya beberapa bulan yg lalu masih bisa di perpanjang? Punya saya berlaku hingga 23 Mei 2013. Tanpa kena denda? Terima Kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s