FAQ : soal-soal ujian kuliah simulasi molekular

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Simulasi molekular termasuk ke dalam mata kuliah langka di kampusku dulu karena memang jarang terselenggara dan alhamdulillaah aku termasuk dari secuil mahasiswa yang bisa mengambil mata kuliah tersebut. Karena termasuk langka, maka soal-soalnya pun juga termasuk langka. Oleh karena itu, di tulisan ini aku ingin berbagi soal-soal ujian mid dan akhir mata kuliah tersebut.

Seperti biasa, jawabannya bisa teman-teman cari sendiri di buku-buku simulasi atau di buku matematika untuk kimia🙂

Ujian MID (Akhir tahun 2011)

1. Apa manfa’at simulasi molekular dalam penelitian kimia? Jelaskan cara-cara melakukan simulasi sistem kimia!

2. Jelaskan 5 macam simulasi dan aplikasinya dalam penelitian kimia!

3. Turunkan persamaan Leap Frog Algorithm dengan ekspansi Taylor untuk
taylor
4. Sebuah molekul AB mempunyai potensial interkasi
lj
a. Jelaskan masing-masing suku dalam hubungan gaya yang terjadi dalam molekul AB!
b. Jika molekul tersebut dalam ruang hampa dan a>b ke manakah gerak molekul AB?
c. Jika posisi awal molekul AB adalah A(0,0,0) dan B(1,0,0) sedangkan posisi itu sebelumnya adalah A(-1,0,0) dan B(-2,0,0) maka tentukan posisi masa depan molekul tersebut menggunakan prinsip simulasi dinamika molekular!

Ujian Akhir (Pertengahan Januari tahun 2012)

1. Tuliskan prosedur utama simulasi Monte Carlo untuk sistem non sferis!

2. Simulasi komputer memungkinkan untuk mengkaji sifat-sifat sistem dengan partikel banyak. Namun demikian tidak semua sifat sistem yang dapat ditentukan dengan simulasi komputer dapat dibandingkan dengan eksperimen karena keterbatasan instrumen yang ada sekarang. Contohnya adalah sifat parameter posisi molekul air dalam cairan air. Jelaskan apa yang harus dilakukan terhadap data dari simulasi komputer (misalnya jarak ikat O-H dan sudut ikat H-O-H) untuk dapat dibandingkan dengan data eksperimen?

3. Jika suatu sistem mengandung dua subsistem dan mengikuti
omega
Di mana E adalah energi total, E1 energi subsistem 1, E2 energi subsistem 2 dan ln omega jumlah degenerasi total dengan ln Ω1 dan ln Ω2 adalah degenerasi sub sistem 1 dan 2. Buktikan bahwa jika terjadi termal equilibrium antara subsistem 1 dan 2 maka ln Ω akan maksimum!

4. Bila suatu sistem A mempunyai subsistem A1 dan A2 yang mempunyai jumlah degenerasi Ω1= 10^20 dan Ω2=10^22, berapa jumlah konfigurasi yang terbentuk dari kombinasi kedua subsistem. Hitunglah entropi sistem S dan subsstem S1 dan S2!

Sifat dari kedua ujian di atas adalah buku terbuka dan aku kurang tahu apakah di tahun-tahun belakang ini kuliah tersebut masih terselenggara atau tidak dan setahuku di S2 pun tidak ada kuliah simulasi molekular, di S3 pun seingatku hanya sekali saja aku nebeng kuliah tersebut hehe (kebetulan pas di lab dan kebetulan pas ada). Oke, cukup sekian dan semoga bermanfa’at!

# pembahasan ujian mid itu kalau tidak salah dua kali, yang pertama pas perjalanan antara aku, teman dan dosen pengampu ke Rembang dan yang kedua pas kuliah terakhir simulasi molekular🙂.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s