Debian 7 wheezy and chemistry packages

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Minggu lalu Debian 7.0.0 Wheezy sudah dirilis setelah dua tahun pengembangan. Yah, meskipun ini rilis baru tetapi pada dasarnya paket programnya masih tergolong lawas. Untuk mengupgrade Debian caranya sangat mudah cukup dengan menambahkan repository Debian 7 atau menambahkan repo DVD (apt-cdrom add) kemudian apt-get update, apt-get upgrade dan apt-get dist-upgrade. Btw, paket-paket program kimia di Debian itu termasuk lengkap lho.
Berikut adalah screenshot dari KDE 4.8 di Debian 7
snapshot1
Berikut adalah beberapa paket program yang dibawa oleh Debian 7

Apache 2.2.22
Asterisk 1.8.13.1
GIMP 2.8.2
an updated version of the GNOME desktop environment 3.4
GNU Compiler Collection 4.7.2
Icedove 10 (an unbranded version of Mozilla Thunderbird)
Iceweasel 10 (an unbranded version of Mozilla Firefox)
KDE Plasma Workspaces and KDE Applications 4.8.4
kFreeBSD kernel 8.3 and 9.0
LibreOffice 3.5.4
Linux 3.2
MySQL 5.5.30
Nagios 3.4.1
OpenJDK 6b27 and 7u3
Perl 5.14.2
PHP 5.4.4
PostgreSQL 9.1
Python 2.7.3 and 3.2.3
Samba 3.6.6
Tomcat 6.0.35 and 7.0.28
Xen Hypervisor 4.1.4
the Xfce 4.8 desktop environment
X.Org 7.7
more than 36,000 other ready-to-use software packages, built from nearly 17,500 source packages.

Aku kurang begitu memperhatikan bagaimana sebuah tampilan desktop karena bagiku terserah apapun tampilannya asalkan bisa diajak kerja hehe. Maka dari itu, menurutku sebuah OS yang bagus adalah OS yang bisa diinstall di spesifikasi hardware manapun dan tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi hanya untuk menjalankannya hehe.

Debian juga datang dengan berbagai macam software kimia dan kimia komputasi, baik itu untuk sekadar menggambar struktur, perhitungan kimia komputasi dan menampilkan visualisasi misalnya sekarang NWChem sudah dimasukkan ke dalam repository Debian dan tentu saja semua programnya sudah teruji dengan baik. Mungkin jika ada waktu boleh juga membuat semacam re-make Debian khusus untuk mahasiswa kimia. Dengan segala kelengkapan paketnya, maka wajar bila seorang mahasiswa kimia beralih dari menggunakan OS dan software bajakan ke OS dan software yang free dan lengkap seperti ini, yah paling tidak sih itu pendapatku.
snapshot2
Aku sudah mencoba GAMESS dan NWChem (hasil kompilasi sendiri), semua bisa berjalan dengan normal sementara untuk Gaussian, aku tidak memiliki software tersebut hanya saja sepengalamanku dulu Gaussian 03 berjalan dengan baik di Debian 6 Squeeze sehingga seharusnya juga bisa berjalan dengan baik juga di Debian 7. Untuk Gaussian 09, di Debian 6 dulu tidak bisa berjalan (waktu itu aku mencoba yang 64 bit) dalam artian prosesnya tiba-tiba berhenti sendiri dan entah apa solusinya aku juga kurang tahu (karena malas mencarinya hah) sehingga dugaanku Gaussian 09 juga akan bermasalah dengan Debian 7 (memang sih di web-nya Gaussian di tes menggunakan OpenSuse 11.4/12.1).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s