diagram profil energi sederhana menggunakan LibreOffice Calc

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Dalam beberapa publikasi kimia komputasi selalu digambarkan diagram energi atau sering disebut dengan energy profile yaitu diagram yang menggambarkan perubahan energi setiap koordinat reaksi, gambaran mudahnya seperti diagram energi yang sering diajarkan di pelajaran laju reaksi ada reaktan, keadaan transisi dan produk. Untuk membuat data yang menghubungkan antara reaktan, keadaan transisi dan produk bisa dilakukan dengan menggunakan IRC (Intrinsic Reaction Coordinate)

Dalam tulisan ini kita akan membahas bagaimana sih membuat diagram energi mirip dengan ada yang di publikasi menggunakan LibreOffice Calc, bisa juga diganti dengan Microsoft Excel. Langkah yang diperlukan antara lain :

1. siapkan set data, untuk membuat garis horizontal kita bisa menggunakan dua set data yang sama ( A A, 1 1)

gray6
2. buat grafik seperti biasa, chart type XY(scatter), lines only (dalam contoh ini terlanjur scatter, icon dalam grafik bisa dihilangkan secara manual)

gray3
3. tambahkan data range baru untuk menimpa grafik yang lama, misalnya TES, (lihat gambar 1) untuk memudahkan dalam pengeditan warna, koordinat sumbu y, aku ubah dengan cara ditambah 1, nanti setelah semua selesai koordinat sumbu y dikembalikan lagi seperti semula.
Agar grafik yang pertama kali dibuat bisa ditimpa, maka atur urutan grafik sehingga grafik pertama berada di urutan paling bawah.

gray7
4. atur masing-masing warna dari grafik baru, misalnya grafik 1 (column B) diberi warna abu-abu dan grafik lainnya diberi warna hitam dan kembalikan lagi koordinat sumbu y ke semula.

gray1gray2
5. dan inilah hasilnya😀
gray5
Cukup sederhana dan cepat, jika ingin menggunakan metode lain juga bisa, misalnya dengan menggunakan ChemDraw atau LaTex (terutama LaTex yang banyak digunakan untuk membuat grafik dan persamaan matematis sesuai standar publikasi). Oke, cukup sekian dan semoga bermanfaat.

# http://eutactic.wordpress.com/2012/03/14/very-simple-level-schemes-in-excel-28/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s