antara aku,kau dan dia part 30 penyakit plagiarisme

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Plagiat, kata ini sudah sering kita dengar. Plagiarisme sendiri merupakan sifat instan yang ingin serba cepat, copy paste saja tanpa memberikan sitasi kepada si pemilik asli tulisan. Tentu sikap seperti ini sangat tidak produktif bagi sisi akademik seseorang. Oleh karena itu, ada software yang dikembangkan secara khusus untuk mendeteksi tulisan, apakah benar-benar asli atau hasil plagiarisme.

Kasus plagiarisme sendiri sudah banyak sekali terjadi dan tidak ingin kuangkat di sini. Yang membuatku prihatin adalah plagiarisme diawali ketika kita masuk kuliah. Tengok saja bagaimana mahasiswa-mahasiswa yang baru semester 1-2 itu menggarap laporan, rata-rata mencari “master” laporan kemudian menyalinnya saja, atau mengganti datanya saja. Kisah semacam ini sudah sering kujumpai ketika masih kuliah dulu, mereka yang mencari “master” bisa mendapatkan nilai A, sementara yang menulis sendiri, mencari referensi bisa mendapatkan selain A, ya begitulah. Yang membuatku semakin miris lagi adalah justru sekarang kakak kelas yang mengajarkan untuk mencari “master” laporan ckckck..

Jika untuk urusan laporan praktikum saja kita sudah copy paste ganti data, bagaimana kelak jika kita menjadi pejabat? Lalu akan menjadi apa negara ini jika orang-orang yang kuliah seperti itu? Untuk itu mulai sekarang mulailah mengerjakan laporan sendiri, mencari referensi, belajar analisis data dan jujurlah. Aneh bin ajaib ketika kita belum mengerjakan praktikum tapi sudah tahu laporan yang akan dikerjakan.

Tahun lalu aku menjadi asisten praktikum kimia komputasi dan kimia komputasi untuk lab tetangga, dari situlah aku tahu sudah parahnya kasus plagiarisme yang ada di tempatku kuliah dulu. Bayangkan saja dari sekian puluh laporan yang kukoreksi rata-rata kalimatnya sama dan ketika daftar pustakanya aku cek, ternyata palsu, dalam artian buku yang diacu tidak menyebutkan kalimat atau pernyataan yang diacu di dalam laporan. Alhasil, sebagian besar laporan aku beri nilai jelek hahaha. Meski ada juga yang benar-benar mengerjakan dengan serius, ini yang kuberi nilai bagus😀. Kasus lebih parah terjadi di praktikum kimia komputasi, di mana ada laporan dari tiga orang yang ternyata sama persis! Akhirnya tiga laporan itu tidak kukoreksi dan tidak kuberi nilai.

Ini baru lingkup kampus, jika bicara lingkup dunia seluas internet? Maka akan sangat banyak sekali tulisan yang sama dari satu blog dengan blog lain (mungkin saja ijin untuk share, kalau ini sih tidak masalah). Bahkan ada juga yang sama persis dengan wikipedia. Jika kalian menemukan tulisan-tulisan yang sama persis dengan blog ini maka bisa dipastikan blog itu copy paste dari blogku ini.

Jika kalian ada waktu, coba mainlah ke perpustakaan, di sana kalian akan menemukan beberapa orang yang sedang menyalin skripsi orang lain (mungkin mencari referensi). Mengapa tidak mencari buku atau jurnalnya saja? Bahkan di suatu kegiatan, dosenku dulu pernah menampilkan beberapa skripsi yang hampir mirip atau persis sama.

Sebagai penutup dari tulisan ini, don’t be copycat, please use your own ideas or cite it. Oke, semoga bermanfa’at! Lain kali kita sambung lagi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s