antara aku, kau dan dia part 29 trick or treat!

Assalamu’alaikum warahmatulllahi wabarakatuh..

Dunia di luar kampus adalah ibarat trek balapan, di mana semua saling bersaing, saling salip untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, beasiswa dan hal-hal prestisius lainnya dan sayangnya tidak ada tim order di sini. Maklumlah, life needs money, isn’t it? Kesempatan inilah yang sering digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menipu para freshgraduate baik S1 atau SMA/MK.

Tulisan ini merupakan tulisan kesekian ribu di antara blog-blog lain yang membahas tentang penipuan karena aku sama sekali tidak tertarik untuk membahas penipuan, sudah banyak blog lain yang juga membahasnya dan alhamdulillaah aku belum pernah kena tipu. Namun demikian, ada modus baru dalam dunia tipu menipu ini, jika kita cermati para penipu freshgraduate dahulu menggunakan perusahaan palsu atau minimal mengaku punya kenalan dengan perusahaan besar tetapi sekarang mereka sudah berani menggunakan nama perusahaan besar seperti si juragan minyak atau si juragan emas dan berani mengeluarkan surat panggilan palsu.

Beberapa malam yang lalu temanku mengirim sms katanya dia ditawari kerja di juragan minyak oleh dosennya (kebetulan dosennya tersebut dulu adalah DPA-ku) dan segera kubalas saja oo bagus itu, syaratnya apa? Mungkin saja aku bisa ikutan juga hehe. Ternyata tidak ada persyaratanya hanya harus mengirim foto, cv, ijasah ke email tertentu, berikut isi smsnya

PT.PERTAMINA Persero.Tbk.
Butuh Kryawan
L/P.Stara S1,S2,D1,D3.! Cara
pendaftaran.!
Kirim Riwayat,CV,
Foto4x6,alamat,
& No.Hp.! K’email;
pt.pertamina@usa.com

Dari situlah aku mulai curiga jangan-jangan ini penipuan karena aku pernah menerima sms yang bernada sama beberapa hari yang lalu hanya saja disuruh mengirim ke alamat email persero.ptpertamina@ymail.com (ma’af agak2 lupa), maklum saja semua orang bisa ditipu, tidak peduli itu guru besar, orang miskin, orang kaya. Apalagi dengan sistem komunikasi via BBM kah, email kah dll. Kecurigaanku ini cukup mendasar karena
1. Rekruitmen resmi di juragan minyak sudah berakhir 7 Maret 2013 (cek di recruitment.pertamina.com)
2. Kontak resmi rekruitmen adalah pcc@pertamina.com
3. Di list pendidikan yang ada di web nya tidak ada kimia mipa
4. Seharusnya setiap pegawai kan punya akun email resmi dengan domain perusahaan, lah aku saja punya email kampus og.
5. Sedangkan persyaratan yang di-sms-kan ke temenku itu cuma foto, daftar riwayat hidup, kemudian diemail ke alamat tertentu misalnya persero.ptpertamina@ymail.com, yang aku tahu kalau mau apply itu kan harus membuat surat lamaran kerja yang dilengkapi dengan cv, foto dll. Apalagi di juragan minyak yang ingin go international itu, pasti butuh TOEFL.
6. Dan yang paling aneh lagi, mana mungkin perusahaan sekelas pertamina memakai domain ymail, yahoo?? Wong kampusku saja punya domain sendiri …ac.id! Setelah aku buka usa.com ternyata isinya demografi amerika serikat dan ada layanan email gratis dengan domain @usa.com
7. Ternyata akhir-akhir sedang marak penipuan lowongan kerja atas nama pertamina, googling saja penipuan lowongan kerja pertamina (ini nih, gak pernah ke ekspose dari dulu, penipuan terhadap freshgraduate itu sudah lama terjadi, tapi tidak pernah ke ekspose, apa gak penting ya?)
8. Uniknya lagi, tidak ada job desc, nah lo terus kita mau kerja apa di sana? Kalau memang itu benar

Tampaknya domain @usa.com ini baru digunakan karena biasanya menggunakan domain @ymail.com atau @yahoo.com. Modus operandinya dari beberapa web yang kubaca seperti berikut : pada awalnya kita diberi surat panggilan tes palsu (aku sudah membacanya dan cara penulisannya sangat tidak bermutu), kemudian kita diminta membeli tiket akomodasi dll. ke travel agen tertentu(sudah pasti palsu dan merupakan komplotan penipu) dan kemudian kita akan diminta transfer sejumlah uang ke penipu. Penipu ini menggunakan beberapa nomor hp (googling saja) untuk menyebarkan penipuannya dan tampaknya DPAku itu mendapatkan via BBM, email atau sms yang kemudian di forward ke temanku. Modus lainnya adalah menyebarkan iklan palsu ke iklan baris di surat kabar (apa mungkin perusahaan segede pertamina hanya ngiklan lewat iklan baris??)

Siapa sih yang tidak ingin kerja di juragan minyak? Dengan omset perusahaan yang begitu tinggi, gaji di atas rata-rata (maklum kan sektor perminyakan dan gas), fasilitas yang ya begitulah. Aku sudah sering mendengar kabar-kabar miring tentang si juragan minyak, tapi tidak layak kutulis di sini karena masih perlu verifikasi agar jangan sampai menjadi berita bohong yang malah menyusahkan diri sendiri (nanti malah berurusan dengan pengadilan hehe).

Saranku untuk freshgraduate adalah jangan kehilangan akal sehat kalian setelah lulus! Selalu berpikir matang-matang dan tidak semua orang di dunia ini baik. Jika ingin mencari pekerjaan, carilah di web karir yang bisa dipercaya, misalnya di ECC (gak bermaksud promosi loh), jobsdb yang intinya sudah terverifikasi. Jika kalian telah apply dan menerima panggilan tes dari perusahaan, cek dulu ke google dan web resmi perusahaan, apakah mereka bekerja sama dengan third party?  agar kalian tidak kena tipu perusahaan fiktif. Yang terpenting adalah bahasa penipuan itu berbeda dengan bahasa kejujuran, jadi gunakan feeling kalian untuk merasakan apakah sms atau telpon itu merupakan penipuan atau bukan. Dan jangan mudah percaya kata orang dalam (kecuali kalau itu bapak/ibumu sendiri hahaha). Oia, biasanya penipu itu akan minta uang sebelum kalian bekerja, gini aja kalian kan kerja agar mendapatkan uang, jadi apa masuk akal kalau kalianlah yang harus membayar sejumlah uang?? Ciri utama para penipu adalah meminta uang sebelum kalian diterima bekerja sebagai biaya ini dan itu (ya iyalah mereka menipu karena pengin uang kalian to) dan yang terakhir jangan pernah memberikan ijazah asli kepada orang lain, kampus tidak akan mengeluarkan ijazah yang sama untuk kedua kalinya. Kalian bisa kehilangan segalanya dalam hidup kalian, tapi jangan sampai kehilangan ijazah kuliah kalian.

Dunia di luar kampus tidak semudah yang kalian bayangkan dan itu terkadang cukup menyakitkan bila kalian tidak mempersiapkan diri karena di luar sana ada banyak orang yang belajar hal yang sama dengan yang kalian pelajari selama di kampus, jadi apa yang membedakan kalian dengan orang-orang di luar sana? Be yourself, don’t think a lot, just do it, do the best and leave the rest to the God. Bahkan bagi para penipu pun dunia tetaplah tidak mudah karena sesama penipu juga saling bersaing untuk mendapatkan keuntungan yang setinggi-tingginya dan menipu orang sebanyak-banyaknya sehingga modus operandi penipu itu akan selalu berubah dan lebih lihai, jadi kita harus tetap waspada agar jangan sampai terkena jebakan mereka. Oke, cukup sekian dan semoga bermanfaat!

# tentang perusahaan penipu, kisah orang yang pernah ketipu, modus para penipu bisa dicari di google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s