QT-AIM, short explanation

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Di tulisan sebelumnya kita pernah membahas sedikit tentang analisis muatan atom dengan menggunakan analisis mulliken charge dan natural bond orders. Ada satu lagi metode yang sering dipakai untuk analisis muatan atom yaitu dengan (I) The Quantum Theory of Atoms-In-Molecules (QT-AIM) yang dikembangkan oleh Professor Bader.

quantum theory of Atoms-In-Molecules (QT-AIM) mengekstrak informasi yang bermanfa’at secara kimia dari topologi kerapatan elektron yang dihitung baik secara teoritis ataupun eksperimen. qt-aim merupakan generalisasi model bebas dari mekanika kuantum untuk sistem terisolasi ke sub-sistemnya yang terbuka. teori ini menyediakan sebuah kondisi untuk partisi sebuah sistem kuantum (misalnya, molekul) ke set unik dari sub-sistem (atom-atom penyusunnya). keseluruhan sistem dapat direcovery kembali dengan menambahkan sub-sistem tadi. hal ini menunjukkan bahwa dalam teori ini partisi keseluruhan sistem tidak dapat dilakukan secara sembarang tetapi permukaan dari partisi (permukaan antar atom) harus memenuhi kondisi dari local zero flux dalam medan vektor gradient dari kerapatan elektron, yang secara matematis didefinisikan sebagai berikut :
persamaan 1
sebagai konsekuensi dari pemartisian molekul pada permukaan zero flux ini, teorema yang diterapkan untuk keseluruhan molekul dapat diterapkan untuk masing-masing atom konstituen. Setiap sifat direpresentasikan oleh kerapatan real space yang mendeskripsikan interaksi rata-rata antara satu elektron dengan partikel dalam keseluruhan sistem. Dengan cara ini, kontribusi untuk sifat A dari atom S diberikan oleh integrasi kerapatan yang bersangkutan di seluruh “kolam atomik”.

mengikuti dengan persamaan 2, sifat atom adalah aditif, misalnya harga rata-rata sifat A untuk keseluruhan sistem diperoleh dengan menjumlahkan kontribusi atom-atom :
persamaan 2
Sifat atom seperti muatan parsial, energi atom, atomik multipole, dan volume atom dapat diperoleh dengan mudah menggunakan software yang mengimplementasikan QT-AIM seperti AIMPAC.

#AIMDELOC manual.

#Penjelasan lebih komprehensif bisa dilihat di web resmi bader dan aim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s