how to make less sensitive, simple review

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Dalam beberapa kesempatan yang lalu kita telah membahas tentang BDE. Sebagai kelanjutan dari pembahasan tersebut, pada tulisan ini aku ingin membahas bagaimana cara mengurangi sensitivitas high energetic material dengan meningkat BDE. Peningkatan BDE ini tidak boleh terlalu besar karena akan dibutuhkan impuls yang besar untuk memicu terjadinya reaksi.

BDE perlu dinaikkan agar sensitivitas senyawa menjadi berkurang sehingga mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu para ahli berusaha agar bisa membuat senyawa yang berenergi tinggi dan memiliki sensitivitas yang rendah. Salah satu cara meningkatkan BDE adalah dengan menggeser kerapatan elektron ke ikatan C-NO2 karena ikatan ini merupakan pemicu dari rangkaian reaksi yang selanjutnya. Dengan semakin diperkuatnya ikatan C-NO2 maka energi yang diperlukan untuk memutus ikatan tersebut menjadi semakin besar sehingga sensitivitas senyawa akan berkurang.

Karena keterbatasan waktu, di sini aku mengambil salah satu contoh penelitian yang dilakukan oleh Du et.al (2012). Mereka menaikkan BDE dengan cara menginteraksikan antara gugus nitro dari 3,4-dinitropyrazole dengan beberapa kation logam seperti Be2+, Na+, Li+, H+ dan Mg2+. Dari hasil penelitian mereka diketahui bahwa logam Be2+ memberikan kenaikan BDE yang paling besar. BDE C-NO2 (lihat tulisan yang terdahulu) sebesar 275,58 kJ/mol dan setelah interaksi dengan Be2+ naik menjadi 1021,98 kJ/mol. Perhitungan dilakukan dengan metode DFT B3LYP/6-311++G** di kode Gaussian 03. Untuk mengetahui distribusi muatan setelah interaksi dilakukan analisis populasi NBO dan AIM pada struktur teroptimasi dan dilihat bagaimana pergeseran kerapatan elektron di kompleks interaksi. Hasilnya densitas elektron bergeser ke ikatan C-NO2 sehingga hal ini akan memperkuat ikatan tersebut dan mengurangi sensitivitas dari DNP.

Penelitian lain juga menunjukkan adanya gugus pendorong elektron seperti metil juga dapat mengurangi sensitivitas senyawa high energetic material, bahasan ini bisa dilihat di penelitian yang dilakukan oleh Thottempudi et.al (2011). Dua paper ini bisa teman-teman dapatkan di pubs.acs.org (Thottempudi) dan di spingerlink.com (Du). Cukup sekian dulu pembahasan kali ini, semoga bermanfa’at!😀

# Du, S., Wang, Y., Chen, L., Shi, W., Ren, F., Li, Y., Wang, J., Cao, D., 2012, J. Mol. Model., 18, 2105-2115.
# Thottempudi, V., Gao, H., Shreeve J.M., 2011, | J. Am. Chem. Soc., 133, 6464–6471
# 5-nitro-3-trinitromethyl-1H-1,2,4-triazole

Screenshot-1

#5-trinitro-3-trinitromethyl-1H-[1,2,4]triazole

Screenshot

 

One thought on “how to make less sensitive, simple review

  1. Pingback: Counterpoise with different charges and multiplicites gaussian 03 « neax502 simple blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s