antara aku, kau dan dia part 24 12 Januari

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Besok ternyata sudah tanggal 12 Januari, artinya sudah 4 tahun berlalu sejak kejadian itu. Ketika itu 12 Januari adalah hari terakhir dari ujian akhir semester III, ujian Kimia Pemisahan.

Dalam sebuah riset, desain riset yang kuat adalah hal yang mutlak dilakukan, diawali dari pemilihan topik, latar belakang, dasar teori dan metode agar dihasilkan hasil dan kesimpulan yang bagus serta bisa menjawab apa yang menjadi tujuan kita. Hal yang sama juga dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari, jika kita ingin mengambil sebuah kesimpulan dari kejadian maka kita harus memiliki desain “riset” yang kuat.

12 Januari, hari di mana beberapa hipotesisku berakhir dengan keliru dan hanya satu  di antaranya yang ternyata cocok dengan kesimpulan yang diperoleh. Nah, ketika kita membuat hipotesis tentang respon orang lain terhadap kita, sebaiknya disusun setelah membuat dasar teori yang kuat, misalnya semua kebaikannya itu hanya karena dia teman kita dan bukan atas dasar yang lain. Terlalu berlebihan menafsirkan tingkah laku orang lain terhadap kita justru malah akan membuat kita kecewa sendiri.

Meski hipotesis itu terkadang gagal dibuktikan, bukan berarti riset kita gagal karena bisa jadi kita menemukan hal yang baru atau memang hal tersebut tidak mungkin terjadi dan orang lain yang membuat metode terdahulu itu salah. Aplikasi dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika orang lain itu tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, bisa jadi kitalah yang terlalu berharap kepadanya atau memang dari awal kita yang salah menafsirkan semua tingkah lakunya atau bisa jadi kita dijauhkan dari hal-hal yang keliru dan ada yang lebih baik yang telah menanti kita.

12 Januari hari di mana aku mulai membuat hipotesis yang salah, letak kesalahan hipotesis itu terletak pada tidak ada latar belakang dan dasar teori yang kuat sehingga tidak ada faktor pendukung untuk merumuskan hipotesis tersebut dan pada 12 Januari jugalah aku mendapatkan kesimpulan bahwa ternyata apa yang kuharapkan tidak dapat terjadi, bahkan setelah mendapatkan probabilitas yang tinggi pun tetap tidak dapat terjadi, ya sudahlah.

Oke, cukup sekian, semoga bermanfa’at!

# Kita berjalan di atas dua garis paralel yang berbeda yang tidak akan pernah bisa bertemu.

# Aku ke selatan, kamu ke utara. Aku ke timur, kamu ke barat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s