interaksi CO2-kluster situs Al3c-O2c

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Dalam penelitian interaksi dan konversi CO2 biasanya digunakan pemodelan zat padat untuk materialnya, tapi dengan pendekatan ini maka akan dibutuhkan sistem komputasi yang tinggi. Cara lainnya adalah dengan menggunakan sistem kluster. Dengan cara ini, hanya kluster yang menjadi fokus interaksi saja yang akan dikaji. Misalnya menggunakan kluster Al3c-O2c yang diambil dari hasil pemodelan fasa padat. Meskipun demikian, cara ini tidak dapat menjelaskan efek-efek permukaan yang mungkin terjadi, misalnya pengaruh luas permukaan padatan.

Ukuran kluster bisa disesuaikan dengan senyawa yang akan dikaji, jika ingin di-grafting dengan senyawa organometal maka diperlukan kluster yang cukup besar. Jika hanya faktor air saja yang ingin dikaji, kluster dengan ukuran kecil saja sudah cukup mewakili.

Di sini aku berikan contoh interaksi antara CO2 dengan kluster Al3c-O2c yang diambil dari permukaan (110) gamma-alumina. Optimasi dilakukan dengan menggunakan metode DFT B3LYP/6-31g(d). Hasilnya adalah CO2 mengalami perubahan struktur yang ditandai dengan perubahan sudut ikatan dan perubahan panjang ikatan. Hal ini menandakan bahwa CO2 mengalami aktivasi bila berinteraksi dengan situs Al3c-O2c. Hasil yang sama diperoleh dengan menggunakan pemodelan fasa padat🙂.
alco2-pic
Dengan pendekatan yang sama bisa juga dilakukan penelitian interaksi antara senyawa tertentu dengan padatan menggunakan kluster model. Misalnya antara N2 dengan kluster Pd4. Jika ingin mengetahui lebih dalam pengaruh ukuran kluster terhadap interaksi, ukuran dan jenis kluster logam bisa divariasi dan diperbesar. Semoga bermanfa’at!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s