unRar archive in Linux

Rar merupakan salah satu format kompresi yang berbayar. Program yang bisa membuka rar salah satunya winrar untuk Windows. Meski demikian, beberapa program gratis pun bisa digunakan untuk membuak file rar antara lain 7-zip.

7-zip sendiri hanya ada untuk versi Windows, di Linux pun juga ada proyek semacamnya yaitu P7zip. Oke, kembali lagi ke bahasan bagaimana membuka file rar di Linux, sebenarnya aku dari dulu malas berurusan dengan hal ini karena selalu menggunakan 7-zip versi Windows yang berjalan di Wine. Namun, karena merepotkan akhirnya terpaksa deh googling caranya setelah sekian tahun gak pernah nyari caranya hehe😛.

Sebenarnya ada paket unrar-free di Debian/Ubuntu untuk membuka file .rar, tapi tetap saja tidak bisa. Program-program file archiver bawaan Linux juga tidak bisa membuka file tersebut, termasuk entah kenapa program P7zip. Setelah googling ternyata rarlab memberikan program trial untuk membuka file .rar di Linux. Program ini bisa didownload di rarlab.com. Masalah kenapa unrar tidak bisa membuka file .rar karena unrar free tidak support file rar 3.0. Untuk itu kita harus mencari unrar yang non-free.

Unrar non-free di repo Debian sudah ada, pas nyari ganti saja sectionnya dari “any” menjadi non-free. Kalo di repo ubuntu ganti saja menjadi universe. Berikut adalah screenshotnya :
Screenshot

Screenshot-2
Setelah download selesai bisa diinstall menggunakan perintah dpkg -i. Untuk mengekstrak file .rar tinggal menggunakan perintah unrar e file.rar atau unrar x file.rar jika file rar tadi berisi folder. Oke, cukup sekian dan semoga bermanfa’at!

# Setelah unrar terinstall maka file archiver seperti file-roller atau ark bisa mengekstrak file rar😀.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s