antara aku, kau dan dia part 21 dr3am

Mimpi, setiap orang selalu mengatakan kamu harus bermimpi, memiliki impian yang besar lalu bangun dan wujudkan impianmu itu baik mimpi itu besar atau kecil, sebaiknya kita memiliki impian yang besar karena mimpi besar atau kecil sama-sama gratis. Jadi sudahkah kita memiliki impian?

Sejak kecil kita diajari untuk menjadi profesi tertentu biasanya dokter, tentara atau polisi. Namun di perjalanan kadang-kadang orang tua kita lupa tidak mengarahkan kita untuk meraih impian. Bahkan, ketika kita menjadi dewasa, kita lupa apa sebenarnya impian kita sejak kecil.

Masih kuingat dengan jelas apa mimpiku waktu SD, SMP dan SMA yaitu menjadi insinyur, guru agama, dokter, pilot dll. Namun ketika menginjak ke bangku kuliah tiba-tiba saja aku kehilangan cita-cita. Entah mengapa waktu itu aku asal ambil kuliah dan tidak memperhatikan dengan matang mau jadi apa aku ini. Butuh waktu 2 tahun mengapa aku masuk jurusan ini yaitu karena jurusan inilah yang paling cocok dengan diriku.

Menjelang akhir kuliah akhirnya aku menemukan passionku di sini, yaitu di bidang kimia komputasi. Pada awalnya aku menganggap remeh bidang ini tetapi semakin lama aku berkecimpung di bidang ini, aku menjadi semakin tertarik dan luar biasa, kimia komputasi sangat luas aplikasinya.

Minimnya peminat di bidang kimia komputasi semakin memacuku untuk serius belajar, aku ingin menjadi mengajarkan kimia komputasi dan aplikasinya kepada orang lain. Itulah mimpiku saat ini. Memang saat ini aku masih belum mampu untuk kuliah S2 dan aku hanya bisa menulis tentang kimia komputasi hanya lewat blog.

Pengalaman selama di lab dan kuliah juga menuntunku untuk membuat laboratorium sendiri dan bahkan sekolah sendiri. Aku membayangkan menjadi kepala sebuah laboratorium kimia komputasi dengan perangkat komputasi yang mumpuni dan beragam software yang menjadi tool untuk mengeksplorasi sisi lain dari kimia yang cenderung ke arah lab basah (cooking chemistry). Bukan hanya dari sisi perangkat komputasi saja yang ingin kubangun, tetapi juga sisi sumber daya manusia. Setiap mahasiswa yang mengambil tugas akhir di lab kimia komputasi harus mengikuti seminar perkembangan penelitian, bukan hanya sekali atau dua kali namun setiap minggu masing-masing dari mereka harus melaporkan apa saja yang sudah dia ketahui, sejauh mana perkembangan penelitiannya. Hal ini diperlukan agar semua lulusan lab kimia komputasi benar-benar menjiwai dan terjamin kualitasnya. Imbas lain dari sistem ini adalah aku ingin mendongkrak jumlah publikasi mahasiswa dan dosen (termasuk diriku) mengingat rendahnya publikasi penelitian mahasiswa.

–bersambung–

 

Leave a Reply

