antara aku, kau dan dia part 20 perpanjangan STNK, ganti plat nomor di Sleman 2012

Hari ini aku perpanjangan STNK sekaligus bayar pajak motor di Samsat Sleman. Karena belum tahu bagaimana proseduralnya akhirnya aku mengajak lekku untuk menemaniku ke Samsat. Pada awalnya aku berpikir prosedurnya berbeda dengan bayar pajak motor tahunan, tetapi ternyata sama saja hanya perlu sedikit tambahan. Bagi yang ingin mengurus sendiri bisa langsung datang ke Samsat Sleman di Jalan Magelang km 10an. Oia, di sini tidak ada Briptu Eka lho, jadi pas waktu berangkat jangan berharap bisa ketemu Briptu Eka.

Oke, pertama-tama aturan nomer 0 ketika berurusan dengan birokrasi adalah datang sepagi mungkin. Tadi aku berangkat dari rumah jam 8.30, sudah sangat terlambat karena pulang sampai rumah jam 11.30 jadi antri sekitar 2 jam. Jika ingin cepat, datang saja ke Samsat jam 7. Meski demikian layanan baru dibuka jam 8 – 11 siang.

Oia, untuk perpanjangan STNK dan ganti plat kita harus mendapatkan nomor rangka dan mesin (itu lho nomor unik yang menjadi penanda sebuah kendaraan, btw motor curian biasanya nomor rangka dan mesin asli dihilangkan kemudian dibuat nomor palsu). Jika motor kalian adalah Supra X 125 keluaran tahun 2007 (sori nyebut merk karena motorku juga Supra X),  maka tidak perlu membongkar leg shield (seperti yang tak lakukan tadi :(). Nomor rangka Supra X memang berada di belakang lampu sein, tapi petugas di sana sudah tahu dan profesional jadi tidak perlu repot-repot membongkar leg shield. Namun, jika motor kalian Yamaha Vega dan Suzuki Shogun keluaran tahun 2003 (sori nyebut merek lagi cz ini tadi aku liat sendiri) ada baiknya membongkar leg shield sendiri karena di sana leg shield akan dibongkar dan dipasang kembali.

Setelah sampai di Samsat, fotokopi dulu STNK, KTP dan BPKB. Kemudian pindahkan motor ke parkiran yang ada tendanya, di sana ada tulisan CEK FISIK RODA 2, itu artinya tempat menggesek nomor rangka dan nomor mesin. Datang saja pagi-pagi, tadi aku di sana antri satu jam gara-gara bongkar leg shield dulu di rumah. Oia, kita tidak boleh menggesek sendiri nomor rangka dan mesin sendiri, harus pakai kertas dari Kepolisian. Untuk Supra X benar-benar tidak perlu membongkar leg shield karena nomor rangka akan digesek menggunakan pensil panjang dari bawah dan jangan lupa biayanya Rp 15.000,00. Selesai di sini, pindah ke Loket II untuk pengesahan nomor rangka dan mesin tadi. Di loket ini kita tidak ditarik uang lagi.

Selesai di Loket II, masuk ke gedung Samsat. Di sini kita akan mengambil formulir untuk perpanjangan STNK dan ganti plat nomor di Loket IB, Loket IA untuk mutasi dan balik nama (CMIIW). Masukkan semua berkas yang difotokopi plus lembar pengesahan nomor  rangka dan mesin tadi. Petugas akan mengembalikan kembali berkas fotokopian tadi berikut formulir untuk diisi. Di sini kita harus membayar Rp 80.000,00 dengan rincian Rp 50.000,00 untuk administrasi STNK dan Rp 30.000,00 untuk administrasi ganti plat.

Jika malas mengisi formulir tadi tenang saja, ada banyak orang yang menawarkan diri untuk membantu mengisi, percayakan saja pada mereka hehe. Tunggu sebentar dan formulir kita sudah terisi serta jangan lupa memberikan sedikit rezeki pada mereka, seikhlasnya (berdasarkan pengalaman lek-ku beri saja Rp 1.000,00 atau Rp 2.000,00).

Formulir telah terisi, saatnya memasukkan berkas dan mengambil nomor antrian di Loket 3C. Sekarang ada pembatas antrian, jadi harus bersabar. Masukkan semua berkas dan formulir di sini, kemudian petugas akan mengembalikan BPKB asli ke kita, simpan baik-baik! Tadi aku jam 10.00 sudah mendapat nomor antrian E10xx. Makanya selalu datang pagi.

Kasir terletak di Loket 4. Ada 3 loket kasir di Samsat Sleman, 4E, 4B dan 4C. Perhatikan nomor antrian, E10xx artinya kita hari ini membayar di loket 4E dengan nomor antrian 10xx untuk membayar pajak dan ganti plat. Jika masih ada tempat duduk maka duduk saja dulu. Bosan? Silakan membeli koran atau menonton tv. Lapar? Silakan membeli tenongan. Nyari Briptu Eka? Mimpi! Dia gak ada di sini men. Masing-masing kasir akan memanggil 10 nomor antrian secara bergantian, jadi harap bersabar. Setelah dipanggil, segera menuju kasir yang memanggil, kalo aku tadi 4E. Di sini kita hanya membayar pajak tahunan plus sumbangan untuk PMI Rp 2.000,00. Pajakku tadi Rp 191.000,00. Petugas akan memberikan kuitansi beserta KTP kita di sini.

STNK baru akan dicetak dan bisa diambil di Loket VA, letakknya di paling ujung. Tunggu saja nomor antrian kita dipanggil. Dulu sih petugas akan membacakan nama dan plat nomor, tapi sekarang kita dipanggil berdasarkan nomor antrian. Setelah dipanggil, serahkan kuitansi tadi dan silakan mengambil STNK dan surat pajak tahunan kita yang baru🙂. Bagi yang ingin membeli plastik pelindung, silakan membeli dengan harga Rp 1.000,00

Jadi biaya total untuk perpanjangan STNK dan ganti plat adalah sebagai berikut :

  1. Fotokopi STNK, BPKB dan KTP = Rp 1.000,00
  2. Biaya gesek nomor rangka dan mesin = Rp 15.000,00
  3. Biaya administrasi STNK = Rp 50.000,00
  4. Biaya administrasi plat nomor = Rp 30.000,00
  5. Pajak motor tahunan = Rp 191.000,00 (tergantung motornya)
  6. Beli plastik pelindung = Rp 1.000,00
  7. Bayar parkir = Rp 1.000,00

   Total Rp 289.000,00

Prosedurnya cukup mudah dan tidak ribet, jika ada waktu luang silakan urus sendiri di Samsat. Kalau membayar pajak tahunan hanya perlu ke Loket 3C dan kemudian membayar di Loket 4. STNK diambil di Loket V. Plat nomor yang baru tidak bisa diambil hari itu juga, biasanya sih 3-4 hari setelah pengurusan baru bisa diambil. Tempat pengambilannya sekarang sudah pindah, tidak lagi di samping loket V. Tempat pengambilan plat nomor sekarang di depan tempat CEK FISIK RODA 2 atau sebelah selatan toilet. Plat nomor bisa diambil dengan menunjukkan STNK yang baru dan gratis.

Cukup sekian dulu, semoga bermanfa’at!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s