VirtualBox XP

VirtualBox adalah salah satu tool yang digunakan untuk virtualisasi atau mencoba OS lain di dalam OS kita. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana menggunakan VirtualBox, mencoba agar VirtualBox bisa mendeteksi USB dan printer USB serta sharing folder dengan OS guest. OS guest yang kita gunakan adalah Microsoft Windows XP. Untuk itu kita perlu VirtualBox, VirtualBox GuestAdditions dan VirtualBox Extention Pack, ketiga file ini bisa didowwwnload dari virtualbox.org.
Pertama-tama install dulu dkms
# apt-get install dkms
kemudian install VirtualBox
# dpkg -i virtualbox-4.1_4.1.12-77245~Debian~squeeze_amd64.deb
VirtualBox akan juga mengkompilasi modul untuk kernel yang kita gunakan. Jika gagal membuat modul karena VirtualBox tidak bisa mengenali kernel header, bisa juga menggunakan cara ini.
-> pindah ke /usr/src/vboxhost-4.1.12
-> login sebagai root
-> # export KERN_DIR=/usr/src/linux-headers-2.6.32-p4/
-> # make
-> # /etc/init.d/vboxdrv setup
untuk mengecek modul bisa gunakan lsmod.

Oke, setelah ini selesai. Kemudian buka VirtualBox dan buat mesin virtual yang baru.

Untuk setingan silakan sesuaikan dengan spek komputer yang dimiliki. Sebelum menjalankan mesin virtual, install dulu Extention Packnya.

Kemudian untuk menambahkan USB, hidupkan dulu printer USB, kemudian pilih Add Filter From Device , pilih usb flash disk dan printer USB dan untuk menambahkan folder yang akan di-sharing dengan mesin virtual, pilih shared folder dan tentukan path serta folder yang akan di-share.

Untuk mengakses folder shared kita harus menginstall terlebih dahulu VirtualBox GuestAdditions. Caranya pada storage, kita ganti terlebih dahulu CD/DVD dengan VBoxGuestAdditions.iso

Nah, sekarang install OS Guest dulu. Setelah terinstall, klik VBoxGuestAdditions, kemudian install.

Reboot dan sekarang kita bisa mengakses folder share di My Network Places -> Entire Network -> VBOXSVRscript on Vboxsvr.

Setelah ini semua selesai, kita tidak lagi membutuhkan VBoxGuestAdditions, ganti dengan DVD storage yang kita miliki. Dari sini kita bisa menginstall driver untuk printer dsb.

Semoga bermanfa’at!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s