Recovery Software GNU/Linux

Jika kita menggunakan OS keluarga Windows, maka kita pernah mengenal banyak sekali software untuk recovery data yang telah terhapus, lalu bagaimanakah dengan software recovery data di GNU/Linux? Jawabannya ada, salah satu yang sering digunakan adalah photorec, program bawaan dari testdisk. Selain dapat merecover data yang telah terhapus dapat juga digunakan untuk merecover partisi yang hilang.

$ sudo apt-get install testdisk
testdisk harus dijalankan menggunakan hak root, tapi sebelum menjalankan testdisk buatlah folder tempat menaruh data yang akan direcover.
$ mkdir rec
kemudian jalankan photorec
$ sudo photorec /d rec/ /dev/sdb1 (/dev/sdb1 –> drive yang akan direcovery)

tekan enter, maka kita akan masuk ke tampilan partisi drive, untuk FAT32, NTFS dan beberapa format filesystem linux seperti ext3/ext4 pilih saja none.
Kalau ingin melihat format apa saja yang didukung oleh photorec, dapat dilihat di bagian File Opt. Secara default, photorec akan mencoba merecover semua file format yang dia dukung. Tapi jika hanya ingin beberapa saja yang akan direcover, tinggal un-centang saja kemudian tekan “b” agar disimpan sebagai default.
Nah, sekarang kita siap untuk recovery data

Jika tak ingin melakukan recovery langsung pada flash disk, photorec dapat merecover dalam file image iso dari flash disk. Langkah pertama adalah membuat image iso terlebih dahulu
$ dd if=/dev/sdb1 of=/tmp/coba.iso
999424+0 records in
999424+0 records out
511705088 bytes (512 MB) copied, 24.1999 s, 21.1 MB/s
$ sudo photorec /d rec/ /tmp/coba.iso

Sekedar tips dalam recovery data yaitu: flash disk/harddisk atau perangkat lain yang akan direcover sebaiknya jangan digunakan sebagai alat copy paste, didefrag sebelum recover karena akan mengurangi kemungkinan file dapat terecover. Kedua, jangan tempatkan folder untuk file yang akan direcover di perangkat yang sedang direcovery🙂.
Oia, setahu saya konon tidak ada program yang bisa merecover 100% sempurna, maka dari itu sebaiknya hati-hati dalam menyimpan data dan selalu backup di tempat yang aman.

Semoga bermanfa’at!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s