Printer HP Deskjet 3920 di Slackware 13.37

Akhirnya kemarin Kamis bisa juga menginstall Slackware 13.37 di komputer rumah. Kesan saya pertama kali adalah Slackware kali ini lebih ringan daripada Slackware yang versi lama🙂. everything is well until the trouble come. Keesokan harinya adik saya ngeprint tugas sekolah dan hasilnya woaalaa, untuk pertama kalinya dalam sejarah menggunakan Slackware, saya mendapati konfigurasi printer yang aneh. Halaman pertama berhasil diprint secara normal, tapi halaman-halaman berikutnya diprint kacau, semua bertumpuk, alhasil hanya halaman pertama saja yang layak di pakai. Setelah saya cek ternyata driver HPLIPnya yang tidak cocok. printer saya HP DESKJET 3920 yang secara default oleh Slackware 13.37 menggunakan driver HPLIP HP Deskjet 3900 hpijs, 3.11.3a (en). Nah, ketika driver ini diganti ke HP Deskjet 3920 hpijs, 3.11.3a (en) semua berjalan normal.

Oke, cara menggantinya mudah saja dengan menggunakan CUPS.
Pertama-tama pastikan service CUPS telah bekerja. Jika belum bisa menggunakan pkgtool untuk mengaktifkannya.

 

 

 

Kemudian panggil opera atau firefox dan ketikkan localhost:631, maka selanjutnya kita akan disuguhi tampilan dari CUPS.
Pilih adding printers and classes, lalu manage printer. Klik pada nama printer lalu pilih modify. Masukkan root dan password root. Nah, setelah itu ganti driver printer yang sekiranya tidak cocok dengan driver yang cocok.

 

 

 

 

Langkah terakhir adalah tes printer. Di komputer rumah, hal ini berhasil menyelesaikan masalah dan proses cetak mencetak menjadi lancar lagi .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s