Install OpenSuse 11.2

OpenSuse juga termasuk dalam jajaran 10 besar distro linux di dunia bersama-sama dengan Ubuntu, Fedora, Debian, PCLinuxOS, Slackware, Gentoo dan CentOS. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Suse adalah tool konfigurasinya yang bernama YAST (Yet Another Setup Tool). Dengan YAST ini konfigurasi sistem menjadi sangat mudah bagi pemula dan sangat membantu bagi administrator sistem. Selain itu, OpenSuse juga tergolong mudah untuk digunakan dan mudah diinstall.
Pada awal-awal versinya OpenSuse memasukkan beberapa software non OSS (open source software) dan software propietary ke dalam dvd instalasinya, namun pada versi-versi terakhir software tersebut tidak dimasukkan ke dalam dvd instalasi dan bisa diperoleh di repositorynya. Selain itu, OpenSuse juga tidak memasukkan codec multimedia seperti untuk MP3 ke dalam repositorynya sehingga jangan kaget bila OpenSuse secara default tidak bisa memutar file-file MP3 dan multimedia yang formatnya bukan open source. Untungnya hal ini bisa diatasi dengan menginstall codec dari repository komunitas opensuse, packman.
Saat ini OpenSuse sudah mencapai versi rilis 11.4 yang dirilis pada Maret 2011 kemarin, tapi pada kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya menginstall OpenSuse 11.2, tapi jangan khawatir, proses instalasinya sama persis kok.
Tentu sebagai mahasiswa yang menekuni kimia komputasi tentu kita tidak dapat lepas dari sistem operasi, minimal harus paham bagaimanakah cara menggunakannya. Oleh karena itu, di sini saya akan mencoba menjelaskan instalasi dari OpenSuse.
untuk instalasinya bisa didownload di sini

install-suse

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s